Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial

Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial adalah sebagai berikut :
1.      Kontak sosial
Adalah hubungan sosial antara individu satu dengan individu yang lain yang bersifat langsung (sentuhan, percakapan, maupun tatap muka), hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan Robert Eparhaus. W. Burges,(Romlan Subakti, 1997). Namun pada era sekarang ini, kontak sosial bisa terjadi secara tidak langsung, misalnya dengan melalui telekomunikasi, internet dan sebagainya.
2.      Komunikasi
Adalah proses penyampaian maksud (informasi) dari seseorang kepada orang lain, yang dialakukan secara langsung atau tidak langsung agar orang lain memberikan tindakan, adakalanya dalam proses ini terjadi interpretasi dimana pesan yang disampaikan tidak dipahami atau orang yang menerima salah tafsir.
Komunikasi dibedakan menjadi dua bagian, yaitu segabai berikut :
1.      Komunikasi yang bersifat komunikatif
Komunikasi yang dipahami semua kalangan. Misalnya : komunikasi antara orang tua dan anak.

2.      Komunikasi yang tidak komunikatif
Komunikasi yang tidak semua kalangan mengerti dan memahami. Misalnya : dua orang yang bertempat tinggal berbeda yang saling berkomunikasi dengan menggunakan bahasa daerahnya masing-masing, dimana kedua orang tersebut tidak mengerti dengan bahasa yang digunakan oleh lawan bicaranya.

D. Rangkuman

Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu yang satu  dengan individu yang lain, individu dengan kelompok, dan kelompok yang satu dengan kelompok yang lain dengan tujuan-tujuan tertentu. Faktor-faktor yang mendasari proses interaksi sosial adalah : Asumsi, Sugesti, Identifikasi, dan Simpati.

Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial
-          Kontak sosial
-          Komunikasi