Memahami Shalat Qashar ~ Pengertian, Tata Cara, Dalil, Dan Ketentuan

Pengertian shalat qashar adalah ibadah shalat yang pengerjaannya dilakukan dengan cara meringkas. Adapun terkait hukum melakukan shalat qashar adalah diperbolehkan atau mubah . Shalat qashar boleh dikerjakan bilamana seseorang memenuhi syarat. Dan yang mungkin menjadi pertanyaan kita ialah, Apakah semua shalat boleh di qashar? Bagaimana tatacara pelaksanaan shalat qashar yang benar? Mana Hujjah, dasar atau pedoman diperbolehkannya shalat qashar? Bagaimana Ketentuan Shalat Qashar menurut ajaran Islam? Berikut penjelasannya:

Pengertian Shalat Qashar - penjelasan lengkap

Pengertian Shalat qashar

Penjelasan shalat qashar adalah menjalankan ibadah shalat fardu dengan cara meringkasnya. Yaitu shalat yang awalnya memiliki jumlah 4 raka’at menjadi 2 raka’at . Dari penjelasan tersebut, maka shalat yang bisa dilakukan secara qashar hanya shalat yang memiliki jumlah raka’atnya ada 4. Adapun beberapa shalat yang jumlah rakaatnya empat ialah: dzuhur, ashar, dan isya .

Syarat-syarat Shalat Qashar

Agar seseorang dapat melakukan shalat qashar sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, maka orang tersebut harus memperhatikan syarat syarat shalat qashar di bawah ini:
  • Jika seseorang berada dalam perjalanan yang cukup jauh (baca keterangannya di bawah).
  • Murni dalam melakukan perjalanan tidak untuk melakukan perbuatan yang keji (keterngan di bawah).
  • Dalam keadaan khawatir yang sangat atau emergensi seperti perang , hujan yang lebat , angin puting beliung atau bencana alam lainnya.
  • Bukan shalat yang di Qada'.
  • Berniat sesuai dengan niat shalat qashar tatkala sedang takbiratul ikhram.
Untuk penjelasan lebih lengkapnya sebagai berikut:

a. Orang yang sedang dalam perjalanan. Dimana perjalanan yang sedang dilakukannya bukan merupakan perjalanan yang ma’siat (mengandung unsur yang dilarang di dalam agama). Sebuah riwayat dari hadits yang disampaikan Tsumamah bin syarahbil berkata:

خرجت إلى الن عمر فقلت: ماصلاة المسفر؟ فقال: ركعتين ركعبين الا صلاة المغرب ثلاثا - رواه احمد
“Saya pernah pergi ke tempat Ibnu Umar, saya bertanya kepadanya: bagaimanakah shalatnya musafir? Jawabnya: “Dua rakaat-dua rakaat kecuali shalat maghrib, tiga rakaat” (HR. Ahmad).6
Pembahasan Lengkap: Hukum Shalat Qashar Beserta Alasan-alasannya

b. Adapun perjalanan yang ditempuh memiliki jarak yang cukup jauh. Adapun untuk seberapa jauh suatu perjalanan agar seseorang dapat atau boleh melakukan shalat qashar bisa dilihat dari dalil berikut:

قال انس: مليت مع رسول الله صلى الله عليه وسلم الظهر بلمدينة اربعا وصلت معه العصر بذالحليفة ركعتين (رواه مسلم). قال أنس رضى الله عنه: كان رسول الله اذ خرد مسبرة ثلاثة اميال او ثلاثة فراسخ على ركعتين - رواه مسلم

“Anas r.a berkata: “Aku shalat bersama Rasulullah di Madinah empat rakaat (sebelum safar) dan aku shalat ashar bersama beliau di Dzulhulaifah dua rakaat” (HR. Muslim). “Anas r.a berkata: “Rasulullah SAW., apabila melakukan perjalanan tiga mill atau tiga farsakh, shalat dua rakaat” (HR. Muslim).


berdasarkan hadits tersebut, maka dapat kita simpulkan terkait seberapa jauh jarak perjalanannya. Yaitu minimal tiga mil. Adapun untuk satu mil + 1.748 m.

Meskipun begitu, dari beberapa kajian ilmu fiqih mazhab Syafi’i dijelaskan jika jarak bepergian yang dibenarkan untuk mengqashar shalat adalah delapan puluh mil atau lebih dari seratus dua puluh kilometer. Ketentuan inilah yang kemudian padar akhirnya dikuti oleh sebagian umat Islam di Indonesia.

c. Shalat yang hendak dilakukan secara qashar itu, merupakan shalat adaan (saat itu juga) dan bukan merupakan shalat qadha (shalat yang dilaksanakan setelah usai waktunya).

d. Pada saat shalat berniat shalat qashar tatkala dalam gerakan takbiratul ikhram.

Tata Cara Shalat (Niat Shalat Qashar)

Pada prinsipnya, pelaksanaan shalat qashar sama dengan shalat biasa hanya saja berbeda pada niat rakaatnya dijadikan 2 rakaat dan tidak ada tahiyat awal. Jadi setelah dua rakaat maka lakukanlah tahiyat akhir dan salam.

Contoh niat shalat dzuhur yang diqashar:
اصلى فرض الظهر مقصورة لله تعالى
“Aku tunaikan shalat fardhu dzuhur, diqashar karena Allah Ta’ala”.10
  1. Berdiri , melakukan bacaan niat shalat qasar  ( pada contoh di atas adalah contoh shalat dzuhur yang diqashar )
  2. Melakukan takbiratul ikhram
  3. Melakukan Shalat dengan jumlah 2 raka’at.
  4. Melakukan salam.

Ketentuan yang berhubungan dengan shalat qasar

Penggunaan Hukum Qashar bagi Musafir Yang Wajib Kita Ketahui
Dari pendapatnya dua imam besar, yaitu Imam Malik dan Imam Syafi’i, Jika ada orang yang sedang dalam perjalanan jauh dan orang tersebut hendak melewat suatu kota. sementara pada diri orang tersebut memiliki niatan untuk mampir ke kota yang dimaksud, maka panjang atau durasi waktu dibolehkan bagi orang itu ialah mengqasar shalat selama empat hari. Namun jika sudah melebihi dari 4 hari, maka orang tersebut harus lah melakukan shalat sempurna selayaknya syarat dan ketentuan shalat sewajarnya sebagaimana ketentuan hukum syar'i.

Seorang musafir diperkenankan melakukan shalat jama’ah kepada seorang imam yang notabennya adalah orang muqim atau mereka yang tidak dalam perjalanan. Dan sebaliknya pun tetap diperbolehkan. Dengan ketentuan Jika seorang musafir bermakmum kepada seorang imam muqim (tidak dalam perjalanan) orang tersebut harus mengikuti shalat imam (dengan tidak mengqasar). Namun jika seandainya justru musafir yang menjadi imam dari orang-orang yang mukim, maka dia tetap[ boleh boleh mengqasar shalatnya serta para makmum yang mengikutinya itu (orang-orang muqim) harus menyempurnakan shalatnya sampai imam melakukan salam pada penututp shalat.

Semoga penjelasan Memahami Shalat Qashar ~ Pengertian, Tata Cara, Dalil, Dan Ketentuan ini bisa bermanfaat bagi kitaa semua. Dan dengan penuh harap, Allah senantiasa memberikan hidayah kepada kita agar kita lebih dekat dengan-Nya.