Pengertian Akidah Islam , Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII

Selamat datang para sahabat Perahu Jagad, kali ini kita akan belajar tentang apa sih itu AKIDAH ISLAM. Baiklah, sebelum kita membahas dua kata tersebut, ada baiknya penulis ingin memberitahukan kepada sahabat semuanya. Dalam mengartikan dua kata tersebut yakni, AKIDAH ISLAM mari kita pisah sebentar. Yang pertama kata AKIDAH, adapun pengertian akidah bisa kita tinjau dari dua aspek, yaitu pengertian akidah dari segi bahasa, dan pengertian akidah dari sudut pandang istilah. adapun diantaranya adalah:

Pengertian AKIDAH menurut bahasa adalah:
Secara bahasa akidah berasal dari kata ('aqada-ya'qidu-aqidatan) yang memiliki pengertian ikatan atau perjanjian. Mungkin penjelasan ini masih begitu rancu atau kurang dapat dimengerti, karena itu mari bersabar dahulu dan simak pengertian akidah menurut istilah.

Pengertian AKIDAH menurut Istilah adalah:
Dalam pengertiannya menurut istilah, kata akidah dimaknai sebagai keyakinan hati atas sesuatu. Kata AKIDAH juga dapat dipakai untuk menujukan kepada sebuah ajaran agama. Oleh sebab itulah muncul sebuah konsep tentang akidah islam yang berarti ajaran Islam, Akidah Nasrani yaitu ajaran kaum Nasrani dan banyak lagi yang lainnya.

Dengan adanya pengertian di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwasanya di dunia ini ada sebuah akidah yang senantiasa sejalan dengan akidah atau ajaran yang dianut oleh suatu kaum ( yaitu sebuah akidah yang lurus)  dan ada pula akidah atau ajaran yang menyeleweng dari akidah satu kaum yang lain. Misalkan, bagi orang muslim, mereka memiliki akidah yang berbeda dengan akidahnya kaum nasrani, maka orang Muslim akan mengatakan akidah orang Nasrani tersebut adalah Aqidah yang salah. Dan begitu pula sebaliknya bila kaum Nasrani memandang akidah kaum Muslim.

Dari pengertian Akidah menurut bahasa dan istilah dapat diambil kesimpulan bahwa, yang dinamakan AKIDAH ISLAM (al-akidah al-Islamiyah) adalah : ajaran-ajaran agama yang harus diyakni kebenarannya bagi mereka yang mengaku dirinya adalah umat Nabi Muhammad dan Allah adalah Tuhan yang Esa yang wajib disembah.

Dalam istilah pengertian akidah, atau yang senantiasa berjalan seiring dengan kata akidah, yang pertama dan paling didahulukan adalah konsep atau ilmu ketuhanan, setelah itu baru konsep akidah yang selanjutnya. Konsep yang seperti apa? Yaitu konsep-konsep akidah yang sudah termaktu di dalam Al-Qur'an atau yang biasa kita sebut sebagai Firman-Nya. Setalah itu barulah kita mengkaji Hadis-hadis nabi Allah yang keseluruhnya adalah ajaran yang Allah turunkan kepada para nabi, Khusunya Nabi Muhammad S.A.W., yang mana beliau adalah Nabi akhir zaman. Utusan terakhir Tuhan yang memiliki tujuan untuk menyempurnakan akhlak di muka bumi.

Bila suatu kaum berakidah Islam, maka sudah seharusnya mereka memiliki pondasi guna membangun akidah atau keyakinannya. Dimana keyakinan tersebut yakni keyakinan kaum muslimin yaitu keyakinan kepada Allah sebagai Tuhan yang wajib disembah, Dialah Tuhan yang Menciptakan segalanya dan merupakan Dzat yang mengatur alam semesta.

Cukup sekian pelajaran kita kali ini, dan sebagai penulis kami mengajurkan Sahabat semua untuk membaca artikel-artikel yang terkait dengan tema AKIDAH dan AKHLAK. di antaranya adalah :
Studi Analisis Tentang Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Sikap Belajar Siswa Kelas II Dalam Mata Pelajaran Aqidah akhlak di MTs Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2004/2005
STUDI KORELASI PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU SISWA KELAS II MA MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004-2005
Implementasi Manajemen Strategis Dalam Pengelolaan Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Lawang